Berita Kampus

IKIP PGRI Wates Diskusi Dengan Ketua Komisi IV DPRD Kulon Progo dan Wisuda Daring Doktor Sumpana, M.Pd Dosen IKIP PGRI Wates

Rabu, 24 Juli 2020, Upacara wisuda daring Dr. Sumpana, M.Pd merupakan dosen IKIP PGRI Wates lulusan Universitas Pendidikan Indonesia pada Bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Desertasi beliau berjudul "implementasi Nilai Karakter Pertunjukan Wayang Kulit dalam Pembelajaran IPS. Dalam Acara tersebut selain wisuda secara daring, juga dilaksanakan diskusi Pendidikan Dalam Pandemi Covid 19 dihadiri oleh Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kulon Progo.

Dalam Ceramahnya Belaiu Bapak Istana mengatakan Kabupaten Kulon Progo mempunyai Perda Nomor 18 Tahun 2015 yang berisi tentang Pendidikan Karakter, Desertasi Dr. Sumpana sangat relevan dengan dan penting guna untuk mewujudkan karakter anak didik di Kulon Progo yang beridentitas. Dari sisi budaya Khususnya tentang wayang kulit, penting untuk mengimplementasikan nilai-nilai pertunjukan wayang sebagai tontonan, tatanan, tuntunan, traptrapan dan tintingan.

secara khusus Istana mengatakan  bahwa harus disiapkanoleh semua pihak khususnya perguruan tinggi untuk mencetak guru, narasumber, ahli, peran dalam bidang budaya yang bisa ditempatkan sebagai acuan yang harus mempunyai kadar kemampuan standar, baku, terukur, ilmiah dan implementatif.

Diskusi juga membicarakan kesempatan untuk saling sinergi antara Pemerintah Daerah Kulon Progo dengan IKIP PGRI Wates sebagai kampus tertua di Kulon Progo. Dr.Subaryana, M.Pd selaku ketua pengurus YPLP IKIP PGRI Wates menyampaikan keinginan IKIP PGRI Wates untuk bisa andil dalam pembangunan di kulon progo terutama pembangunan sumber daya manusia, dalam kesempatan tersebut juga disampaikan bahwa tenaga tenaga ahli yang ada di IKIP PGRI Wates siap untuk bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kulon Progo. 

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Faridl Musyadad, M.Pd menyampaikan bahwa dalam upaya implementasi sinergitas pendidikan di kulon progo dan dalam rangka untuk membangun Sumber Daya Manusia di kulon progo, IKIP PGRI Wates siap menampung masyarakat kulon progo yang akan kuliah di IKIP PGRI Wates dengan Program KIP. Semoga kita dapat bisa mengkases data siswa penerima KIP sehingga bisa masuk kuliah di IKIP PGRI Wates, karena dengan biaya yang terjangkau di IKIP PGRI Wates, maka calon mahasiswa ada jaminan pembiayaan kuliah dari pemerintah melalui KIP.

Dalam kesempatan tersebut secara pribadi Bapak Istana siap untuk membantu mensosialisasikan program KIP kepada masyarakat yang membutuhkan pendidikan, sebab tidak perlu jauh jauh kuliah, dii kulon progo ada perguruan tinggi yang layak untuk kuliah dan terbukti ada salah satu putra kulon progo yang kuliah di IKIP PGRI Wates dan bisa menyelesaikan Program Doktor.