Visi Program Studi Pendidikan Sejarah:

Menjadi Program Studi yang kompetitif di tingkat nasional dalam mengasilkan sarjana pendidikan sejarah profesional.

Misi Program Studi Pendidikan Sejarah:

1. Menyelenggarakan tata kelola program studi yang otonom, akuntabel, dan transparan serta menjamin peningkatan mutu berkelanjutan.

2. Menyelenggarakan pendidikan untuk menyiapkan tenaga pendidik sejarah yang profesional, mandiri, berkarakter dan kompetitif.

3. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang temuannya berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan dan kesejahteraan, khususnya dalam bidang pendidikan sejarah

4. Menyelenggarakan layanan pengabdian pada masyarakat berbasis penelitian dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam bidang pendidikan sejarah.

5. Menyelenggarakan kerjasama dengan pemerintah, masyarakat, asosiasi profesi, dan industri untuk mengembangkan keilmuan pendidikan sejarah serta meningkatkan daya saing lulusan.

Profil Lulusan:

Utama: Pendidik Sejarah

Tambahan: (1) Peneliti, Jurnalis, pengamat bidang Pendidikan dan/atau sejarah; (2) Wirausahawan bidang pendidikan dan/atau sejarah.

Capaian pembelajaran lulusan (CPL) /Learning Outcome (LO)

A. Sikap

1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan

10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

B. Pengetahuan

1. Menguasai landasan filosofis, teori, konsep, dan metode pendidikan secara umum;

2. Menguasai landasan filosofis, teori, konsep, dan metode sejarah secara umum;

3. Menguasai landasan filosofis, teori, konsep, dan metode pendidikan sejarah secara khusus;

4. Menguasai wawasan sejarah sebagai objek material pendidikan sejarah.

C. Keterampilan Umum

1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

6. Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan

9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

D. Keterampilan Khusus

1. Mampu merancang, mengaplikasikan, dan mengevaluasi pembelajaran sejarah yang kreatif dan inovatif;

2. Mampu mengidentifikasi permasalahan pembelajaran sejarah yang aktual dan kontekstual untuk meningkatkan kualitas pembelajaran;

3. Mampu memanfaatkan perkembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS) untuk menunjang meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah;

4. Mampu menyusun karya ilmiah dalam bidang pendidikan sejarah, dan/atau sejarah.